Email

# Email Redaksi : parahyanganpost@yahoo.co.id, parahyanganpostv@gmail.com - Hotline : +62 852 1708 4656, +62 877 7616 1166

Minggu, 23 Januari 2011

Indonesian Youth Mini Conference (IYMC) 2011 Wujud Kepedulian Aktivis Muda Lingkungan


Miss Indonesia Earth 2009 mendukung kelompok pendidikan lingkungan Sampoerna School of Education (SSE) dalam kegiatan konferensi lingkungan hidup

Jakarta, Parahyangan Post - Mahasiswa STKIP Kebangkitan Nasional-Sampoerna School of Education (SSE) yang tergabung dalam kelompok The Green Teachers mengadakan Indonesian Youth Mini Conference 2011. Konferensi anak muda di bidang lingkungan yang memberikan kesempatan kepada aktivis muda Indonesia untuk saling berbagi dan menginspirasi. Kegiatan ini merupakan pertama kalinya digelar dan diharapkan dapat menjadi wadah bagi para aktivis muda dari berbagai daerah untuk bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai lingkungan hidup.

Konferensi ini mengusung tema “Youth Action for a Sustainable Future” dengan mengedepankan tiga topik utama: Penemuan atau Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan; Kegiatan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle); dan Aktivitas Hijau. Tema besar kegiatan ini menggambarkan pentingnya peranan aksi anak muda untuk menciptakan satu masa depan cerah yang berkelanjutan.

Beberapa pembicara yang hadir dalam acara ini antara lain Miss Indonesia Earth 2009, Nadine Zamira Syarief, kelompok musik menggunakan suara Indo BeatBox, Masyarakat Komik Indonesia, dan Jaringan Pendidikan Lingkungan. Selain itu, konferensi juga menghadirkan pembicara muda hasil Call for Papers yang sebelumnya telah melewati proses seleksi terlebih dahulu. Hanya 10 paper terpilih dari puluhan paper terkirim yang mendapatkan kesempatan mengikuti IYMC 2011.

Kegiatan ini sepenuhnya diselenggarakan oleh mahasiswa, mereka hanya dibimbing oleh satu dosen pembimbing. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih kepekaan mahasiswa calon guru terhadap isu-isu lingkungan dalam dunia pendidikan dan bagaimana pendidik dapat berperan dalam menciptakan pembangunan yang berkelanjutan, “ tutur Prof. Dr. Paulina Pannen selaku Dekan SSE di sela-sela IYMC 2011. “Sedangkan kelompok pendidikan lingkungan mahasiswa SSE dibentuk untuk menjadi pioneer kelompok mahasiswa calon guru yang tidak hanya beraksi lewat kegiatan hijau secara langsung, namun juga berkomitmen untuk mengintegrasikan prinsip keberlanjutan lingkungan hidup dalam pembelajaran di kelas,” tambah Paulina.

Kegiatan yang dimotori oleh Yosea Kurniawan, mahasiswa SSE angkatan 2009, tidak hanya berupa seminar, tetapi juga berupa Hands on Experience, yang mendorong peserta berkampanye lingkungan melalui karya seperti, komik, drama, dan musik. Peserta konferensi juga akan diajak membuat karya dan menampilkannya di akhir acara. Selain itu, ada juga sesi diskusi kelompok yang akan menjadi ajang saling mengenal dan memperluas jaringan komunitas mereka.

Indonesian Youth Mini Conference 2011 mengundang anak muda Indonesia yang memiliki passion dalam penyelamatan lingkungan untuk menjadi sosok yang inspiratif,” ungkap Yosea Kurnianto, koordinator umum IYMC 2011 ini. “Sering kali suara kami tidak didengar, tetapi kami tetap berusaha untuk bergerak. Inilah yang perlu kita contoh, gerakan dalam keterbatasan. IYMC 2011 memiliki dua fungsi, yakni berbagi inspirasi dan menumbuhkan sosok inspiratif”, imbuh Yosea dengan antusias. (rel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar