9th Jakarta Fashion &
Food Festival
Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) kembali diadakan untuk ke-9
kalinya di kawasan Sentra Kelapa Gading pada tanggal 12-27 Mei 2012. Tema JFFF
(baca: je ef tri) tahun ini adalah Innofashion,
yaitu perpaduan dari kata innovation
dan fashion sebagai interpretasi
kekayaan budaya Nusantara dalam olah karya mode dan kuliner dengan sentuhan
tren gaya hidup terkini.
JFFF mulai digelar sejak tahun 2004, dan sejak itu rutin diadakan tiap
tahunnya setiap bulan Mei. JFFF lahir dari sebuah idealisme yang diprakarsai
oleh PT Summarecon Agung Tbk. bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui
Dinas Pariwisata DKI Jakarta.
Perhelatan akbar mode dan kuliner ini selalu mendapatkan dukungan dari
berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi untuk mengangkat citra serta harkat
dan martabat Indonesia di kancah internasional melalui sektor bisnis berbasis
budaya. Kontribusi besar bagi eksistensi dan kesuksesan JFFF diberikan oleh
para mitra yang sangat kompeten di bidang usaha dan profesinya masing-masing.
Mereka adalah Martha Tilaar Group, Asosiasi
Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Ikatan Perancang Mode Indonesia
(IPMI), Cita Tenun Indonesia (CTI), Yayasan Batik Indonesia (YBI), Sekolah Mode
ESMOD, MRA Media, KOMPAS, Fashion TV, Metro TV, serta harian The Jakarta Post. Sedangkan supporting
media partners JFFF adalah HighEnd
Magazine, Majalah Food Service, Majalah Her World, Majalah Female & My
Trip, Majalah Hangout Jakarta, Majalah Flink, OZ Radio Jakarta, Woman Radio,
Mustang FM, Kis FM, MNC Radio (Global dan V Radio), Gen FM, O’channel, Adadiskon.com,
Okezone.com, dan Fimela.com.
Aneka ragam kegiatan fashion, food, dan entertainment akan digelar selama 16 hari penuh dengan rangkaian program sebagai berikut:
OPENING NIGHT
Festival akbar yang melambangkan kecintaan akan kekayaan budaya Indonesia
ini akan diawali dengan pertunjukan Gading
Nite Carnival (GNC) pada tanggal
12 Mei 2012, satu-satunya karnaval yang diselenggarakan malam hari di Indonesia
dengan rute mengelilingi kawasan Sentra Kelapa Gading. Tema “Wonderlush” yang menampilkan eksplorasi
kekayaan alam dan budaya Nusantara mewarnai GNC tahun ini. Pengunjung akan
disajikan atraksi kolosal ratusan peserta karnaval berkostum megah dan
mengagumkan, yang diikuti dengan iringan parade mobil hias, penari jalanan,
aksi teatrikal, serta permainan cahaya yang atraktif, tak ketinggalan
pertunjukan kembang api yang spektakuler.
FASHION EXTRAVAGANZA, 14-26 Mei 2012
Seiring perkembangan dunia mode di Indonesia yang semakin pesat, maka
kaitannya tidak hanya pada kreatifitas pengolahan busana sebagai sebuah karya
seni, tetapi juga elaborasi industri yang dicintai masyarakat dan memajukan
perekonomian bangsa. Atas dasar pemikiran tersebut, maka program Fashion
Extravaganza akan menampilkan koleksi fashion
dengan 4 kategori, yaitu:
- Indonesian Label Designer, menampilkan koleksi para desainer Indonesia dengan konsep ready to wear;
- Indonesian Exclusive Designer, menampilkan koleksi masterpiece dari para desainer Indonesia;
- Indonesia Fashion Brand, menampilkan koleksi brand-brand terbaik dalam negeri;
- International Fashion Brand, menampilkan koleksi brand internasional ternama.
Fashion Extravaganza dalam pagelaran busananya akan melibatkan puluhan
desainer ternama dengan ragam latar belakang, seperti Asosiasi Perancang
Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI),
Usaha Kecil dan Menengah (UKM), para desainer muda dari sejumlah sekolah mode
di Jakarta, hingga desainer independen.
Konsisten dengan tujuan JFFF untuk menyajikan konsep trade show, maka selain pagelaran busana digelar pula Fashion Village sebagai sarana bagi
para desainer untuk dapat mengadakan ekshibisi koleksi mereka secara langsung
kepada calon konsumen maupun pemerhati mode. Area Fashion Village pada tahun
ini akan digelar di koridor Mal Kelapa Gading 3, sehingga masyarakat akan lebih
mudah menjumpai koleksi-koleksi para desainer Indonesia, dan bahkan berpeluang
untuk bertemu dengan desainer favorit mereka secara langsung.
Sedangkan bagi para generasi muda yang tertarik berkecimpung dalam industri
fashion melalui dunia modelling, wirausaha, dan kecantikan dapat mengikuti Gading Model Search (GMS) maupun GMS Kids, Gading Fashion
Entrepreneurship Awards (GFEA), dan
Gading Beauty Awards (GBA).
Apresiasi kepada para tokoh atau pun institusi yang dinilai berjasa dan
memberikan kontribusi besar pada perkembangan industri mode Indonesia akan
ditunjukkan melalui penghargaan Fashion
Icon Awards dalam rangkaian closing
show pada hari terakhir program Fashion Extravaganza.
FOOD FESTIVAL
Tidak hanya dunia mode, tren kuliner di Indonesia juga mengalami
perkembangan yang sangat pesat. Bagaimana pun juga, kuliner sebagai bagian dari
pangan merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang tak terelakkan. Kaitannya
dengan JFFF adalah wujud kreatifitas dalam mengangkat pesona kuliner Nusantara
pada tataran lokal maupun global dan mengkombinasikannya dengan citra
Summarecon Kelapa Gading sebagai kota sejuta makanan. Oleh karena itu, JFFF akan
menampilkan serangkaian program kuliner seperti:
Kampoeng Tempo Doeloe (KTD), La Piazza, 11 Mei – 3 Juni 2012
Pesta kuliner yang paling disambut dengan antusiasme besar oleh masyarakat dan
selalu dibanjiri ribuan pengunjung setiap harinya. Festival ini selalu
ditunggu-tunggu karena sukses membangkitkan kenangan masa kecil dengan makanan
lokal yang telah melegenda namun sekarang sangat sulit ditemui. Nuansa retro
perkampungan yang bersahaja, lengkap dengan ornamen dan dekorasi unik masih
dapat dinikmati pada KTD tahun ini. Dengan tema Oud Batavia, pengunjung
dapat menikmati lezatnya berbagai penganan khas tanah air sambil dihibur dengan
ornamen serta replika bangunan kolonial dan bersejarah kota Jakarta masa silam
yang pernah dikenal dengan nama kota Batavia.
Sesuai dengan temanya, berbagai jenis makanan pengaruh masa kolonial dapat
dijumpai di area KTD tahun ini seperti Klappertaart,
Bitterballen, dan Poffertjes. KTD juga konsisten menghadirkan puluhan pedagang
makanan khas Nusantara yang namanya sudah tak asing lagi di telinga. Empal Gentong
Putra Mang Darma, Tongseng Pak Budi, Kupat Tahu
Magelang, Sate Padang Mak Syukur,
Gado-Gado Direksi, Nasi Gudeg Bu Tjitro, Soto Bangkong, Kue Putu Bambu Medan adalah sebagian pedagang yang ikut serta
meramaikan KTD. Selain itu, dapat dijumpai pula aneka jajanan
tradisional seperti Otak-otak Petojo, Rujak Juhi Bang Tata, Kerak Telor, Tahu Gejrot, Tauge Goreng, Buah
Lontar, dan masih banyak lainnya. Hidangan
lezat dan berbagai penganan
khas tanah air tersebut dapat dinikmati sambil menonton berbagai permainan dan hiburan tradisional istimewa.
Wine & Cheese Expo, Multi Purpose Hall (MPH), 11-27 Mei 2012
Bertujuan sebagai sarana pertemuan budaya lokal dan internasional serta
menjadi salah satu jembatan komunikasi antar budaya melalui pameran wine dan keju terbaik dari sejumlah
negara sahabat, di antaranya Perancis,
Australia, Argentina, Chili, dan New Zealand. Untuk memeriahkan acara, maka
digelar ragam kegiatan dengan para Guest
Master Chef ternama, kemudian free
Wine
and Cheese Tasting bagi para pengunjung, ada pula Wine Workshop sebagai
sarana memperoleh edukasi terkait wine,
Wine
Dinner, Wine & Food Pairing, Pastry
Chef Show, Cheese Discovery, dan Foodtography Competition.
Demikian rangkaian program yang dapat ditemui pada 9th Jakarta
Fashion & Food Festival ”Innofashion”. Walaupun diadakan secara reguler,
namun pasti akan selalu ada yang berbeda dalam hal kemeriahan dan keunikan JFFF
setiap tahunnya. Misi JFFF semakin kukuh wujudnya melalui kolaborasi berbagai institusi dengan beragam latar
belakang industri yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama, yaitu agar
berbagai produk lokal berbasis budaya dapat diapresiasi dengan baik oleh
masyarakat Indonesia maupun
mancanegara, sekaligus turut mempromosikan kota Jakarta sebagai salah
destinasi wisata belanja sebagaimana kota-kota besar di mancanegara lainnya.
Tentang Sentra Kelapa Gading
:
Sentra Kelapa Gading, sebuah pusat bisnis dan komersial terpadu yang
menjadi jantung kawasan Summarecon Kelapa Gading. Dengan luas 20 Ha,
menghimpun pusat belanja Mal Kelapa
Gading, pusat gaya hidup La
Piazza, pusat makanan Gading Food
City, Apartemen The Summit, Harris Hotel Kelapa Gading serta yang
segera hadir, Gedung perkantoran Menara
Satu. Mal Kelapa Gading sebagai
yang tertua di kawasan Sentra Kelapa Gading merupakan pusat perbelanjaan
berkonsep Fashion-Food-Entertainment yang didirikan sejak tahun 1990.
Kini MKG sudah dibangun hingga tahap 5. La
Piazza adalah sebuah Lifestyle Center
di Jakarta, khususnya untuk daerah Kelapa Gading dan sekitarnya yang menawarkan
fasilitas dining, sports & entertainment. Fasilitas terbaru La Piazza yaitu Alfresco Dining Area, sebuah
konsep menikmati santap malam semi
outdoor, di mana pengunjung dapat memilih
menu-menu favorit dari tenant-tenant
terbaik di La Piazza, mulai dari menu Western,
Oriental, cita rasa Indonesia, dan banyak lagi jenis makanan, serta bisa
digunakan untuk berbagai kegiatan acara seperti gathering perusahaan, ulang tahun, reuni, dan lain-lain. Pengunjung
pun dapat menikmati makan malam sambil menikmati sajian live music setiap harinya dengan jenis musik yang berbeda mulai
dari Pop, Top 40, Light Jazz, Rock Ballad, hingga Acoustic. Area Gading Food City yang terintegrasi dengan La Piazza pun pun kini bisa diakses dengan mudah melalui area Plaza
La Piazza. Segala kelengkapan
tersebut diharapkan agar masyarakat luas dapat menikmati fasilitas berbelanja
yang lengkap dan terpadu dalam satu kawasan Sentra Kelapa Gading.
Humas JFFF
BalasHapusPT Summarecon Agung, Tbk.
Telp. (021) 453 - 1101
Fax . (021) 453 - 3433
publicrelation@summarecon.com