Email

# Email Redaksi : parahyanganpost@yahoo.co.id, parahyanganpostv@gmail.com - Hotline : +62 852 1708 4656, +62 877 7616 1166

Minggu, 02 September 2012

Silaturahmi Akbar Warga Gombong, Kebumen



JAKARTA (PP) - Bertempat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (01/09) Warga Gombong yang tergabung dalam Ikatan Kanca Lawas Gombong (IKLG) dan Ikatan Warga Kebumen (IWKK) Walet Mas mengadakan silaturahi akbar.

Hadir dalam acara tersebut, Mantan Kapolri Jend.Pol (Purn) Drs.S.Bimantoro selaku sesepuh IKLG, Ketua IWKK Walet Mas HS Hartono, Ketua IKLG Joko Agus Setiono, Ketua Koperasi Guyub Sejahtera Bersama (GSB) M. Heru Prayitno. Sementara dari Kabupaten Kebumen, Wakil Bupati Kebumen Ibu Djuwarni, Amd.Pd berserta rombongan datang langsung dari Kebumen, beberapa tokoh dari Gombong dan Kebumen lainnya para sesepuh paguyuban juga tampak hadir. Ribuan warga Gombong. Kebumen tampak memadati Padepokan Pencak Silat di TMII.

Disela-sela acara tersebut Gubernur incumbent DKI Jakarta, Fauzi Bowo juga tampak hadir, sekaligus menandatangani prasasti Koperasi GSB. Pria yang akrab di sapa Foke, mengatakan dirinya sangat mengapresiasi terhadap paguyuban warga Gombong dan Kebumen ini. Setelah mendapat informasi dari Ketua IKGL, ternyata banyak jajaran stafnya di lingkungan Pemprov.DKI Jakarta yang berasal dari Gombong, Kebumen ini. Lantas Foke juga menyebut beberapa nama seperti Wakil Walikota Jakarta Timur, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga yang ada di DKI Jakarta, dan dari Dinas Sosial juga ada,ujar Foke.

Foke yang kini sedang  mencalonkan kembali untuk memimpin Jakarta, sangat mengapresiasi warga asal Gombong, Kebumen yang ada di Jabodetabek, menurutnya mereka dikenal sebagai warga yang ulet, jujur dan taat pada pemerintah.

“Selama saya mengabdi, dalam cacatan di Pemprov.DKI Jakarta tidak ada warga Gombong, Kebumen yang neko-neko, mereka dikenal sebagai warga yang ulet dan jujur”,tegas Foke.

Sementara itu, Ketua IWKK Walet Mas, HS Hartono,mengatakan bahwa warga Gombong, Kebumen yang ada di sekitar Jabodetbek kurang lebih berjumlah sebanyak sepuluh ribu orang. Dari sejumlah itu, lanjut Ketua IWKK, diantara mereka ada yang sukses da nada pula yang biasa-biasa saja. Walau demikian mereka tetap memegang teguh sebagai warga yang baik, mereka tidak melupakan daerah asalnya, sebagaimana, moto Walet Mas, ‘Wani, Eling, Ulet Maring Asale’ (Berani, selalu ingat, ulet kepada daerah asalnya-red).

HS Hartono juga menegaskan bahwa silaturhami akbar kali ini disatukan sekaligus antara IKLG dan IWKK Walet Mas, dengan demikian jalinan silaturahmi ini semakin semarak, selain itu paguyuban ini juga telah membentuk Koperasi Guyub Sejahtera Bersama (GSB), dengan demikian kecuali nilai silaturahmi yang begitu tinggi menurut ajaran Islam, para pengurus juga tidak lupa memikirkan kesejahteraan bagi anggota yang nota bene warga dari Kabupaten Kebumen pada umumnya, melalui pembentukan Koperasi GSB.
 
Disisi lain, Wakil Bupati Kebumen, Djuwarni,Amd.Pd mengucapkan banyak terima kasih, terutama kepada Pemerintah Prov.DKI Jakarta yang telah mengapresiasi warga pendatang asal Gombong, Kebumen. Disamping itu juga kepada para tokoh dan sesepuh Paguyuban asal Gombong, Kebumen, serta pihak panitia yang telah berupaya keras untuk terwujudnya kegiatan silaturahmi ini.

“Atas nama pribadi, maupun pemerintah Kabupaten Kebumen, kami titip warga kami yang berada di Jakarat khususnya dan Jabodetabek pada umumnya, mereka mencari nafkah di sini, namun tetap tidak melupakan daerah asalnya, mereka banyak memberikan kontribusi untuk pembangunan bagi Kabupaten Kebumen,”papar Djuwarni.

Wakil Bupati Kebumen juga menguraikan, bahwa Kabupaten Kebumen terdiri dari 22 Kecamatan, satu diantaranya adalah Kecamatan Gombong. Namun realitasnya keberadaan Kota Gombong justru lebih dikenal dimana-mana daripada Kebumen sendiri. Sebagai warga Gombong, Djuwarni merasa bangga, bahkan selama menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen dirinya mempunyai pengalaman pribadi tentang ketenaran Kota Gombong yang sangat membekas dan tidak pernah terLupakan. (ratman/pp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar