Email

# Email Redaksi : parahyanganpost@yahoo.co.id, parahyanganpostv@gmail.com - Hotline : +62 852 1708 4656, +62 877 7616 1166

Sabtu, 05 Mei 2012

INNOFASHION



9th Jakarta Fashion & Food Festival

Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) kembali diadakan untuk ke-9 kalinya di kawasan Sentra Kelapa Gading pada tanggal 12-27 Mei 2012. Tema JFFF (baca: je ef tri) tahun ini adalah Innofashion, yaitu perpaduan dari kata innovation dan fashion sebagai interpretasi kekayaan budaya Nusantara dalam olah karya mode dan kuliner dengan sentuhan tren gaya hidup terkini.

JFFF mulai digelar sejak tahun 2004, dan sejak itu rutin diadakan tiap tahunnya setiap bulan Mei. JFFF lahir dari sebuah idealisme yang diprakarsai oleh PT Summarecon Agung Tbk. bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Perhelatan akbar mode dan kuliner ini selalu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi untuk mengangkat citra serta harkat dan martabat Indonesia di kancah internasional melalui sektor bisnis berbasis budaya. Kontribusi besar bagi eksistensi dan kesuksesan JFFF diberikan oleh para mitra yang sangat kompeten di bidang usaha dan profesinya masing-masing. Mereka adalah Martha Tilaar Group, Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), Cita Tenun Indonesia (CTI), Yayasan Batik Indonesia (YBI), Sekolah Mode ESMOD, MRA Media, KOMPAS, Fashion TV, Metro TV, serta harian The Jakarta Post. Sedangkan supporting media partners JFFF adalah HighEnd Magazine, Majalah Food Service, Majalah Her World, Majalah Female & My Trip, Majalah Hangout Jakarta, Majalah Flink, OZ Radio Jakarta, Woman Radio, Mustang FM, Kis FM, MNC Radio (Global dan V Radio), Gen FM, O’channel, Adadiskon.com, Okezone.com, dan Fimela.com.

Aneka ragam kegiatan fashion, food, dan entertainment akan digelar selama 16 hari penuh dengan rangkaian program sebagai berikut:

OPENING NIGHT

Festival akbar yang melambangkan kecintaan akan kekayaan budaya Indonesia ini akan diawali dengan pertunjukan Gading Nite Carnival (GNC) pada tanggal 12 Mei 2012, satu-satunya karnaval yang diselenggarakan malam hari di Indonesia dengan rute mengelilingi kawasan Sentra Kelapa Gading. Tema “Wonderlush” yang menampilkan eksplorasi kekayaan alam dan budaya Nusantara mewarnai GNC tahun ini. Pengunjung akan disajikan atraksi kolosal ratusan peserta karnaval berkostum megah dan mengagumkan, yang diikuti dengan iringan parade mobil hias, penari jalanan, aksi teatrikal, serta permainan cahaya yang atraktif, tak ketinggalan pertunjukan kembang api yang spektakuler.

FASHION EXTRAVAGANZA, 14-26 Mei 2012

Seiring perkembangan dunia mode di Indonesia yang semakin pesat, maka kaitannya tidak hanya pada kreatifitas pengolahan busana sebagai sebuah karya seni, tetapi juga elaborasi industri yang dicintai masyarakat dan memajukan perekonomian bangsa. Atas dasar pemikiran tersebut, maka program Fashion Extravaganza akan menampilkan koleksi fashion dengan 4 kategori, yaitu:

  • Indonesian Label Designer, menampilkan koleksi para desainer Indonesia dengan konsep ready to wear;
  • Indonesian Exclusive Designer, menampilkan koleksi masterpiece dari para desainer Indonesia;
  • Indonesia Fashion Brand, menampilkan koleksi brand-brand terbaik dalam negeri;
  • International Fashion Brand, menampilkan koleksi brand internasional ternama.

Fashion Extravaganza dalam pagelaran busananya akan melibatkan puluhan desainer ternama dengan ragam latar belakang, seperti Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), Usaha Kecil dan Menengah (UKM), para desainer muda dari sejumlah sekolah mode di Jakarta, hingga desainer independen.

Konsisten dengan tujuan JFFF untuk menyajikan konsep trade show, maka selain pagelaran busana digelar pula Fashion Village sebagai sarana bagi para desainer untuk dapat mengadakan ekshibisi koleksi mereka secara langsung kepada calon konsumen maupun pemerhati mode. Area Fashion Village pada tahun ini akan digelar di koridor Mal Kelapa Gading 3, sehingga masyarakat akan lebih mudah menjumpai koleksi-koleksi para desainer Indonesia, dan bahkan berpeluang untuk bertemu dengan desainer favorit mereka secara langsung.

Sedangkan bagi para generasi muda yang tertarik berkecimpung dalam industri fashion melalui dunia modelling, wirausaha, dan kecantikan dapat mengikuti Gading Model Search (GMS) maupun GMS Kids, Gading Fashion Entrepreneurship Awards (GFEA), dan Gading Beauty Awards (GBA).

Apresiasi kepada para tokoh atau pun institusi yang dinilai berjasa dan memberikan kontribusi besar pada perkembangan industri mode Indonesia akan ditunjukkan melalui penghargaan Fashion Icon Awards dalam rangkaian closing show pada hari terakhir program Fashion Extravaganza.

FOOD FESTIVAL

Tidak hanya dunia mode, tren kuliner di Indonesia juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bagaimana pun juga, kuliner sebagai bagian dari pangan merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang tak terelakkan. Kaitannya dengan JFFF adalah wujud kreatifitas dalam mengangkat pesona kuliner Nusantara pada tataran lokal maupun global dan mengkombinasikannya dengan citra Summarecon Kelapa Gading sebagai kota sejuta makanan. Oleh karena itu, JFFF akan menampilkan serangkaian program kuliner seperti:

Kampoeng Tempo Doeloe (KTD), La Piazza, 11 Mei – 3 Juni 2012
Pesta kuliner yang paling disambut dengan antusiasme besar oleh masyarakat dan selalu dibanjiri ribuan pengunjung setiap harinya. Festival ini selalu ditunggu-tunggu karena sukses membangkitkan kenangan masa kecil dengan makanan lokal yang telah melegenda namun sekarang sangat sulit ditemui. Nuansa retro perkampungan yang bersahaja, lengkap dengan ornamen dan dekorasi unik masih dapat dinikmati pada KTD tahun ini. Dengan tema Oud Batavia, pengunjung dapat menikmati lezatnya berbagai penganan khas tanah air sambil dihibur dengan ornamen serta replika bangunan kolonial dan bersejarah kota Jakarta masa silam yang pernah dikenal dengan nama kota Batavia.    

Sesuai dengan temanya, berbagai jenis makanan pengaruh masa kolonial dapat dijumpai di area KTD tahun ini seperti Klappertaart, Bitterballen, dan Poffertjes. KTD juga konsisten menghadirkan puluhan pedagang makanan khas Nusantara yang namanya sudah tak asing lagi di telinga. Empal Gentong Putra Mang Darma, Tongseng Pak Budi, Kupat Tahu Magelang, Sate Padang Mak Syukur, Gado-Gado Direksi, Nasi Gudeg Bu Tjitro, Soto Bangkong, Kue Putu Bambu Medan adalah sebagian pedagang yang ikut serta meramaikan KTD. Selain itu, dapat dijumpai pula aneka jajanan tradisional seperti Otak-otak Petojo, Rujak Juhi Bang Tata, Kerak Telor, Tahu Gejrot, Tauge Goreng, Buah Lontar, dan masih banyak lainnya. Hidangan lezat dan berbagai penganan khas tanah air tersebut dapat dinikmati sambil menonton berbagai permainan dan hiburan tradisional istimewa.  

Wine & Cheese Expo, Multi Purpose Hall (MPH), 11-27 Mei 2012
Bertujuan sebagai sarana pertemuan budaya lokal dan internasional serta menjadi salah satu jembatan komunikasi antar budaya melalui pameran wine dan keju terbaik dari sejumlah negara sahabat, di antaranya Perancis, Australia, Argentina, Chili, dan New Zealand. Untuk memeriahkan acara, maka digelar ragam kegiatan dengan para Guest Master Chef ternama, kemudian free Wine and Cheese Tasting bagi para pengunjung, ada pula Wine Workshop sebagai sarana memperoleh edukasi terkait wine, Wine Dinner, Wine & Food Pairing, Pastry Chef Show, Cheese Discovery, dan Foodtography Competition.

Demikian rangkaian program yang dapat ditemui pada 9th Jakarta Fashion & Food Festival ”Innofashion”. Walaupun diadakan secara reguler, namun pasti akan selalu ada yang berbeda dalam hal kemeriahan dan keunikan JFFF setiap tahunnya. Misi JFFF semakin kukuh wujudnya melalui kolaborasi berbagai institusi dengan beragam latar belakang industri yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama, yaitu agar berbagai produk lokal berbasis budaya dapat diapresiasi dengan baik oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara, sekaligus turut mempromosikan kota Jakarta sebagai salah destinasi wisata belanja sebagaimana kota-kota besar di mancanegara lainnya.
Tentang Sentra Kelapa Gading :
Sentra Kelapa Gading, sebuah pusat bisnis dan komersial terpadu yang menjadi jantung kawasan Summarecon Kelapa Gading. Dengan luas 20 Ha, menghimpun pusat belanja Mal Kelapa Gading, pusat gaya hidup La Piazza, pusat makanan Gading Food City, Apartemen The SummitHarris Hotel Kelapa Gading serta yang segera hadir, Gedung perkantoran Menara Satu. Mal Kelapa Gading sebagai yang tertua di kawasan Sentra Kelapa Gading merupakan pusat perbelanjaan berkonsep Fashion-Food-Entertainment yang didirikan sejak tahun 1990. Kini MKG sudah dibangun hingga tahap 5. La Piazza adalah sebuah Lifestyle Center di Jakarta, khususnya untuk daerah Kelapa Gading dan sekitarnya yang menawarkan fasilitas dining, sports & entertainment. Fasilitas terbaru La Piazza yaitu Alfresco Dining Area, sebuah konsep menikmati santap malam semi outdoor, di mana pengunjung dapat memilih  menu-menu favorit dari tenant-tenant terbaik di La Piazza, mulai dari menu Western, Oriental, cita rasa Indonesia, dan banyak lagi jenis makanan, serta bisa digunakan untuk berbagai kegiatan acara seperti gathering perusahaan, ulang tahun, reuni, dan lain-lain. Pengunjung pun dapat menikmati makan malam sambil menikmati sajian live music setiap harinya dengan jenis musik yang berbeda mulai dari Pop, Top 40, Light Jazz, Rock Ballad, hingga Acoustic. Area Gading Food City yang terintegrasi dengan La Piazza pun pun kini bisa diakses dengan mudah melalui area Plaza La Piazza. Segala kelengkapan tersebut diharapkan agar masyarakat luas dapat menikmati fasilitas berbelanja yang lengkap dan terpadu dalam satu kawasan Sentra Kelapa Gading.

1 komentar:

  1. Humas JFFF
    PT Summarecon Agung, Tbk.
    Telp. (021) 453 - 1101
    Fax . (021) 453 - 3433
    publicrelation@summarecon.com

    BalasHapus