Email

# Email Redaksi : parahyanganpost@yahoo.co.id, parahyanganpostv@gmail.com - Hotline : +62 852 1708 4656, +62 877 7616 1166

Selasa, 11 Agustus 2009

Profil Usaha











Perusahaan Jamu Dayang Sumbi
Buka Cabang di Bandung dan Jakarta
Keberadaan Perusahaan Jamu (PJ) Dayang Sumbi di desa Sambilawang, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur tidak bisa lepas dari sosok Prof.DR (HC) H.Wahid Isnandar. Berkat ketekunan dan kegigihan lelaki yang biasa disapa Pak Isnandar dalam mengkampanyekan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) kini PJ Dayang Sumbi terus berkembang pesat, produknya tersebar ke berbagai daerah, bahkan sampai manca negara.
Menurut Pak Isnandar, manfat Toga sebagi obat alternatif memang cukup besar, selain bisa menyembuhkan bermacam penyakit, secara tidak langsung juga dapat memberikan keuntungan tidak kecil di sektor perekonomian masyarakat, serta terjaganya kelestarian lingkungan hidup.
“Bayangkan saja, misalnya banyak masyarakat di Indonesia bisa meracik jamu, tidak usah banyak-banyak, sepuluh persen saja yang bisa melakukan itu, maka berapa ratus miliar uang negara dapat dihimpun dan dialihkan ke sektor lain. Kesehatan masyarakat juga akan terjamin karena mereka bisa mengobati penyakitnya sendiri,”papar Wahid Isnandar.
Soal manfaat Toga, Isnandar mengaku sudah bisa merasakan dan membuktikannya sendiri. Di usiannya yang sudah sepertiga abad lebih, Isnandar bersama keluarganya bisa hidup sehat berkat mengkonsumsi jamu yang diraciknya sendiri dari bahan Toga. Jamu Dayang Sumbi bisa dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa tanpa ada efek samping.
Selain memproduksi berbagai jenis Jamu kini areal perkebunan Tanaman Toga milik Dayang Sumbi, juga banyak dikunjungi oleh berbagai lembaga, instansi, sekolah,dll kecuali untuk belajar meracik jamu, juga sebagai tempat penelitian.
Disamping itu kini PJ Dayang Sumbi juga tengah mengembangkan poli rawat inap bernuansa Toga. Poli Toga yang sudah dibangun saat ini mencapai 12 kamar dari target 20 kamar yang direncanakan. Pembangunan rawat inap bernuansa Toga ini juga bertujuan agar masyarakat bisa lebih mengenal dan leluasa mengerti tata cara membuat jamu dari Toga. Uniknya dari masing-masing poli rawat inap ini sengaja Iskandar mengaturnya sesuai dengan nama jenis penyakit, semisal ada wisma Diabetes, wisma Asam Urat, wisma Lever, dll.
Banyak keuntungan diperoleh bagi pasien yang menjalani rawat inap di tempat ini. Salah satunya, selain berobat juga berkesempatan melihat karyawan memetik tanaman untuk digunakan bahan berbagai obat. “Dengan menjalani rawat inap di poli Toga, pasien bukan cuma berobat tetapi juga berkesempatan menimba ilmu dan belajar meracik jamu sendiri, jelas Isnandar. Dengan cara seperti ini lanjut Isnandar, sepulang berobat dan sembuh dari penyakitnya, mereka bisa membuat jamu sendiri, terutama untuk anggota keluarganya.
Merambah Jawa Barat dan Sekitarnya
Memasuki tahun 2009, PJ Dayang Sumbi terus mengembangkan area pemasrannya terutama ke wilayah Bandung, Jakarta, Cirebon dan Tangerang. Menurut H.Wahid Isnandar, pembukaan cabang baru di Jakarta dan beberapa kota diwilayah Jawa Barat dimaksudkan untuk lebih memudahkan bagi para pelanggannya mendapatkan jamu. “Pengembangan pasar juga kami lakukan ke luar Pulau Jawa dan Malaysia. Izin edar di Malaysia sudah di kami dapatkan, “jelasnya.
Menurut Isnandar, kebutuhan masyarakat terhadap jamu tradisional belakangan ini memang cenderung meningkat. Kecenderungan itu diakuinya juga disebabkan gaya hidup yang kembali ke alam (back to nature). Masyarakat mulai menyadari untuk beralih dari obat-obat kimia ke obat yang bahan bakunya tanaman obat. Selain tanpa pengawet dan tanpa menimbulkan efek samping, pertimbangan lain, harga obat dari bahan Toga lebih murah dan terjangkau, dan mudah didapat. * (ratman)
PJ Dayang Sumbi Cab.Bandung
Jl.Raya Cileunyi, Ruko Sabaraya No.8 (samping Pasar Cileunyi)
Telp.(022) 78269498, 08888209011
Kantor Pusat
Perum.Deltasari Indh Blok AU/01,Waru, Sidoarjo, Jawa Timur
Telp.(031) 8543202, 77006677
Email : pj_dayangsumbi@yahoo.com
www.dayangsumbi.net
Rumah Produksi :
Desa Sambilawang,Kec.Dlanggu, Mojokerto, Jawa Timur
Telp.(0321) 511239, 6968555, 08133026300, Fax.(0321) 511817
Distributor Bali
Jl.Badak Agung No.6 Renon,Denpasar,Bali
Telp.(0361) 7422076
Cabang Jawa Tengah
Jl.Dr.Wahidin 117,Semarang, Jawa Tengah
(depan pintu masuk Candi Golf)
Telp.(024) 8505186, 081330526300, Fax.(024) 8505186

1 komentar:

  1. bagaimana agar lebih jelasnya kami Lembaga pendidikan MA Hidayatul ummah Ingin langsung ke lapangan untuk Penelitian Siswa Siswi kami. mohon Informasi dan alamat yang jelas

    BalasHapus